RSS

Laporan hasil paparan & diskusi antara HATHI dan penggagas multi purpose deep tunnel (MPDT).

21 Feb

1. Dari hasil paparan dan diskusi disimpulkan bahwa rencana multi purpose deep tunnel (MPDT) yang disampaikan ternyata masih merupakan gagasan dasar. Meskipun disebut sebagai multi fungsi, pengendalian banjir dengan memotong puncak banjir sungai Ciliwung, pengurangan kemacetan, penyediaan air baku, penampungan air limbah dan pemanfaatan untuk utilitas lainnya, lingkup tujuan teknis dan sasaran manfaatnya baru diindikasikan secara kualitatif tetapi belum didefinisikan  dengan pasti.

2. Meskipun publikasi kepada masyarakat manfaat MPDT adalah untuk pengendalian banjir, namun dalam pembahasan diakui bahwa pengendalian banjir merupakan fungsi tambahan, hanya terbatas untuk wilayah tertentu yang dilalui oleh tunnel dimaksud. Tampaknya fungsi utama adalah pada pengembangan jaringan jalan tol untuk mengurangi kemacetan.

Hal ini harus dijelaskan kepada masyarakat, karena dalam beberapa minggu ini pembangunan multi purpose deep tunnel diinformasikan sebagai solusi untuk mengatasi masalah banjir seluruh Jakarta.

3. Apabila keinginan untuk membangun multi purpose deep tunnel ini akan dilanjutkan, maka perlu dilakukan perencanaan dan kajian yang matang serta didukung studi kelayakan yang lengkap dari aspek teknis, ekonomis, finansial, sosial dan lingkungan.

Hal-hal yang perlu dikaji untuk menjamin sustainability sarana termaksud adalah sebagai berikut :
a. Target manfaat pengendalian banjir yang akan diperoleh misalnya, apakah untuk mengurangi banjir di jaringan drainasi atau sungai atau apa / mana saja, berapa besaran kapasitas drainasi / pengendalian banjir yang dapat disediakan, keuntungan rupiahnya, manfaat sosialnya, manfaat lingkungannya.

b. Kemungkinan pengadaan dan sistem operasi pemeliharaan pompa yang berkapasitas sangat besar. Hal ini bertentangan dengan konsep pengendalian banjir yang seyogianya memanfaatkan tenaga potensi yang ada bukan memasukkan kedalam terowongan kemudian memompa kembali keatas.

c. Optimasi manfaat positif dari gagasan public-private-partnership yang merupakan salah satu opsi untuk pembiayaan sistem multi purpose deep tunnel ini.

d. Dampak negatif yang akan / mungkin timbul dan solusinya :
i.  Pembuangan air banjir yang kotor langsung ke laut beserta dengan sampah-sampah dan limbah        perkotaan,
ii.  Infiltrasi air kotor dan air laut ke air tanah dalam dan dampaknya terhadap sumur-sumur rakyat.

e. Tantangan masalah :
i. Gagasan ini belum tercantum dalam Pola dan Rencana Pengelolaan Sumber Daya Air (SDA) Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, dan belum juga tercakup didalam Rencana Tata Ruang Wilayah Propinsi DKI,
ii. Kepastian regulasi pengaturan ruang bawah tanah,
iii. Membengkaknya biaya investasi dan biaya operasi karena banyaknya biaya faktor X dalam perencanaan serta dampaknya terhadap tarif :
1. Pembebasan lahan, kondisi tanah, adanya jaringan kabel, dsb,
2. Biaya pembelian dan operasional pompa, listrik, dll,
3. Biaya dan waktu yang diperlukan untuk pembersihan tunnel seusai banjir.
iv. Keamanan terhadap kejahatan dan teror didalam terowongan,
v. Keamanan bangunan-bangunan besar disepanjang jalur terowongan,
vi. Kemungkinan kecelakaan dan gangguan operasi akibat ‘electrical failure’ dan ketidak pastian teknis operasional,
vii. Hal-hal lain yang perlu dipelajari dari pengalaman SMART project di Kuala Lumpur, Chicago, Singapura, dsb,
viii. Kesesuaian dengan kapasitas manajemen institusi.

4. Mengingat bahwa perencanaan seperti tersebut pada butir 3 diatas membutuhkan biaya yang mahal, sedangkan kemungkinan kelayakannya belum pasti, maka disarankan untuk dilakukan Studi Pendahuluan terlebih dahulu dengan biaya seoptimal mungkin.

 
Leave a comment

Posted by on 21 February 2013 in Umum

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: