RSS

Menilik strategisnya Teluk Palu

28 Sep

Dua tahun terakhir dunia pertahanan Indonesia mendapatkan angin segar yakni terkait rencana pengembangan kekuatan pertahanan Indonesia melalui apa yang dikenal dengan pemenuhan akan Kekuatan Pokok Minimum atau Minimum Essential Force. Rencana pengembangan kekuatan pertahanan Indonesia ini muncul karena beberapa hal, yaitu (1) memang sudah sejak lama lebih kurang 30 tahun Alutsista (alat utama sistem senjata) kita tidak pernah lagi dimodernisasi, sehingga sulit untuk menciptakan keseimbangan di tingkat kawasan dan bahkan sering menjadi olok-olk negara tetangga, (2) meningkatnya kepentingan di kawasan seiring dengan bergesernya geopolitik ke Laut Cina Selatan (baca:strategisnya-indonesia-arah-baru-perkembangan-geopolitik-dunia) dan (3) meningkatnya pendapatan negara yang tahun ini menembus lebih dari 1500 trilyun rupiah.

Salah satu rencana strategis dan paling ambisius dari rencana tersebut adalah pembangunan kekuatan angkatan laut negeri ini melalui penambahan armada kapal selam beserta pangkalannya yang rencananya akan ditambah satu, yaitu di Teluk Palu. Dari sisi alutsista, kapal selam masih dipandang sebagai salah satu unsur kekuatan yang sangat ditakuti dikarenakan sifatnya yang mampu beroperasi di lautan bebas tanpa bisa terdeteksi oleh satuan – satuan radar konvensional di tingkat kawasan.

Penambahan 3 buah kapal selam telah dijajaki oleh Departemen Pertahanan dengan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Korea (DSME) yang memiliki lisensi kapal selam U209/1300 asal Jerman yang legendaris itu. Yang hebatnya lagi, pengadaan tersebut diikuti dengan adanya Transfer of Technology agar tercapai kemandirian dalam negeri.

Lalu pertanyaan yang muncul kemudian adalah, mengapa mesti teluk Palu?

Secara teknis, teluk Palu memiliki semua syarat untuk menjadi pangkalan kapal selam. Teluk ini memiliki lebar 7 – 10 km dengan kedalaman rerata 400 m serta cukup terlindungi dari gelombang besar. Dengan kedalaman ini amat istimewa sehingga kapal sebesar kapal induk amerika pun dapat melewatinya.

Secara strategi pertahanan, lokasi Teluk Palu berada di tengah – tengah terhadap batas utara Indonesia dengan negara tetangga dan Laut Jawa di Selatan sehingga kapal selam yang berpangkalan di sini dapat meng-cover wilayah ini dengan baik. Ini juga sejalan dengan rencana TNI AL untuk mengembangkan armada yang sekarang terdiri atas armada barat dan timur akan dikembangkan menjadi 3 dengan mengembangkan armada tengah khusus untuk mengantisipasi meningkatnya tantangan di masa depan.

Jawaban atas pertanyaan di atas dapat juga dilihat dari apa yang dikenal dengan ALKI (Alur Laut Kepulauan Indonesia) yaitu alur pelayaran di dalam wilayah kedaulatan Indonesia ‘diberikan’ izin untuk melintas kepada kapal – kapal dagang dunia di bawah hukum internasional UNCLOS. Di Indonesia terdapat 3 ALKI, yaitu ALKI I di Selat Malaka, ALKI II di selat Makassar dan ALKI III di sekitar Nusa Tenggara. Volume perdagangan internasional di ALKI II akan jauh meningkat tahun – tahun ke depan. Di utara ALKI II terdapat Malaysia, Filipina, Jepang dan Cina yang sangat strategis dari sisi geopolitik dan geoekonomi bagi Indonesia (hal ini pula yang mendorong pemekaran Propinsi Kalimantan Utara sebagai propinsi perbatasan dan penempatan satu batalyon tank di sana).

Komiu pe negeri ini akan besar Bung, tidak hanya akan begini – begini saja.

Palu ngataku, ponturo ntupuku, sampe nomakumpu….
ponturo ntuamaku, ante tinaku, ante sararaku

Selamat ber-Ultah Kota Palu, Selamat ber – Festival Teluk Palu.

 
2 Comments

Posted by on 28 September 2012 in Umum

 

2 responses to “Menilik strategisnya Teluk Palu

  1. Rahmat Permana

    28 September 2012 at 3:44 pm

    Setuju….ok!!! Kota Palu..

     
  2. alamsyahpalenga

    29 September 2012 at 10:40 am

    @Pak Rahmat, ayo ke Palu. Bapak bisa ikutan berperan di sini

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: